Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) Perumahan adalah bagian dari Perumahan
( Undang-Undang No 11 Tahun 2011 tentang PKP Pasal 20, 21, 22 dan 23).
Prasarana adalah kelengkapan dasar fisik lingkungan hunian yang memenuhi standar tertentu untuk kebutuhan bertempat tinggal yang layak, sehat, aman, dan nyaman. (Undang-Undang No 1 Tahun 2011). Prasarana meliputi jaringan jalan, jaringan saluran pembuangan air limbah, jaringan drainase, dan tempat pembuangan sampah.

Sarana yaitu fasilitas dalam lingkungan hunian yang berfungsi untuk mendukung penyelenggaraan dan pengembangan kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi. (Undang-Undang No 1 Tahun 2011). Sarana meliputi sarana perniagaan/perbelanjaan, sarana pelayanan umum dan pemerintahan, sarana pendidikan, sarana kesehatan, sarana peribadatan, sarana rekreasi dan olahraga, sarana pemakaman, pertamanan, ruang terbuka hijau (RTH), dan sarana parkir.
Utilitas adalah kelengkapan penunjang untuk pelayanan lingkungan hunian. (Undang-Undang No 1 Tahun 2011). Utilitas meluputi jaringan air bersih, jaringan listrik, jaringan telepon, jaringan gas, jaringan transportasi, jaringan pemadam kebakaran,dan penerangan jasa umum.
Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 14 tahun 2016 tentang penyelenggaraan PKP, Pengembang yang telah selesai membangun PSU Perumahan harus menyerahkan aset PSU Perumahan kepda Pemda. Penyerahan PSU berlangsung setelah berakhirnya masa pemeliharaan dan perawatan.
PSU Perumahan wajib diserahkan kepada Pemda karena Penyelenggaran PSU Perumahan merupakan Kewenangan Pemda. Sehingga, apabila terjadi kerusakan terhadap PSU Perumahan, perbaikan PSU tidak memberatkan masyarakat yang menghuni perumahan. Selain itu, kepemilikan PSU adalah milik bersama Penyerahan PSU kepada pemda menghindari penguasaan PSU Perumahan oleh individu tertentu yang merugikan masyarakat.

Lalu, bagaimana alur penyerahan PSU oleh pengembang?

Format surat permohonan oleh pengembang dapat diakses melalui link di bawah ini:

https://bit.ly/FormatPermohonanPengembang

Bagaimana alur penyerahan PSU bila pengembang sudah tidak diketahui keberadaannya?

Format Berita acara warga dapat diakses melalui link di bawah ini:

https://bit.ly/Format_BA_PSU

Berikut adalah proses bisnis serah terima PSU Perumahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *